0501 Prodi Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

1. Visi dan Misi

Visi :

Menjadi Program studi yang unggul dalam bidang riset pendidikan matematika dan mampu bersaing menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional dan memajukan pendidikan di bidang pendidikan matematika

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran, dan pengembangan pengetahuan di bidang pendidikan matematika yang berkualitas sesuai dengan standar nasional
  2. Mengembangkan riset terapan secara terpadu dalam semua aspek keilmuan di bidang pendidikan matematika yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, tehnologi, dan kemasyarakatan
  3. Meningkatkan mutu pembelajaran dan pengabdian pada masyarakat berbasis riset terapan di bidang pendidkan untuk kesejateraan masyarakat
  4. Menjalin kerja sama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan lain serta masyarakat dalam bidang pendidikan.
  5. Meningkatkan kualitas staf pengajar dari segi ilmuwan praktek dan metode pembelajaran yang memiliki budaya kerja yang nyaman, tanggap, peduli dan bertanggungjawab

 

2. Deskripsi Umum

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  2. Berkepribadian yang baik,
  3. Berperan sebagai warga negara yang baik,
  4. Memiliki pengetahuan yang luas tentang pendidikan dan strategi pembelajaran,
  5. Menguasai teknologi informatika dan handal dalam penerapannya,
  6. Memiliki pengetahuan tentang aspek materi kebahasaan dan ketrampilan berbahasa Inggris,
  7. Mampu mengembangkan ilmu,
  8. Mampu mengkomunikasikannya secara efektif dan efisien, serta
  9. Memiliki jiwa kepemimpinan

 

3. Capaian Pembelajaran

Profil :

  1. Calon Guru Matematika SMP, SMA, SMK
  2. Peneliti Pendidikan Matematika
  3. Entrepreneur Pendidikan (Edupreneur) Matematika

Sikap :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menujukkan sikap yang religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika 
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyrakat , berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila 
  4. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa 
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat dan temuan orisinil orang lain 
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadapa masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik 
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. 

Penguasaan / Pengetahuan :

  1. Menguasai konsep dan prinsip didaktik pedagogi matematika serta keilmuan matematika
  2. Menguasai materi pembelajaran matematika
  3. Menguasai teori dan model – model pembelajaran berbasis IPTEKS
  4. Menguasai strategi pembelajaran
  5. Menguasai pembuatan dan penggunaan media pembelajaran berbasis IPTEKS
  6. Menguasai teknik-teknik dan teori evaluasi pembelajaran
  7. Menguasai statistik dan teori-teori metode penelitian
  8. Menguasai penelitian operasi pendidikan
  9. Menguasai tehnik penyusunan laporan penelitian berbasis IPTEKS
  10. Menguasai teori dan teknik komunikasi
  11. Menguasai teori – teori tentang kewirausahaan, manajemen pendidikan
  12. Menguasai pengelolaan kewirausahaan berbasis IPTEKS

Keterampilan Khusus :

  1. Mampu menerapkan konsep dan prinsip didaktik pedagogi matematika serta keilmuan matematika
  2. Mampu menyampaikan materi pembelajaran matematika
  3. Mampu menerapkan teori dan model – model pembelajaran berbasis IPTEKS
  4. Mampu menggunakan strategi pembelajaran
  5. Mampu membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis IPTEKS
  6. Mampu menerapkan teknik-teknik dan teori pembelajaran
  7. Mampu melakukan evaluasi pembelajaran
  8. Mampu menggunakan statistik dalam pengolahan data
  9. Mampu menerapkan teori-teori metode penelitian
  10. Mampu melakukan penelitian operasi pendidikan
  11. Mampu menggunakan tehnik penyusunan laporan penelitian berbasis IPTEKS
  12. Mampu menggunakan teori dan teknik komunikasi
  13. Mampu menggunakan teori – teori tentang kewirausahaan, manajemen pendidikan
  14. Mampu menerapkan pengelolaan kewirausahaan berbasis IPTEKS

Keterampilan Umum :

  1. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporantugas akhir;
  3. mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
  4. mengelola pembelajaran secara mandiri;
  5. mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya