0502 Prodi Pendidikan Pkn

Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan

1. Visi dan Misi

Visi :

Menjadi program studi yang unggul dalam bidang riset kependidikan dan menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan bidang kewarganegaraan yang professional

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran yang berbasis kependidikan, etika, sosial, politik hukum, kewarganegaraan yang berorientasi pada peserta didik dan pemangku kepentingan.
  2. Menyelenggarakan pelatihan untuk menjadi pendidik di bidang kependidikan etika, sosial, politik, hukum dan kewarganegaraan
  3. Melaksanakan penelitian di bidang kependidikan, etika, sosial, politik, hukum, dan kewarganegaraan
  4. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat guna membantu masyarakat dalam menghadapi masalah-masalah kependidikan, etika, sosial, politik, hukum, dan kewarganegaraan 
  5. Menjalankan peran kemitraan dengan perintah, masyarakat dan pemangku kepentingan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bidang kependidikan, etika, sosial, politik, hukum, dan kewarganegaraan.

 

2. Deskripsi Umum

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaiandunia
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya 
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat / temuan original orang lain 
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

3. Capaian Pembelajaran

Profil :

  1. Guru atau Pendidik PKn
  2. Konsultan PKn
  3. Peneliti Bidang PKn 

Sikap :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; 
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; 
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; 
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

Penguasaan Pengetahuan:

  1. menguasai konsep nilai, moral, hukum dan kebijakan publik
  2. menguasai pengetahuan tentang prinsip pembelajaran bidang PKn
  3. menguasai teori, prinsip belajar mengajar, model-model pembelajaran, media pembelajaran, dan strategi pembelajaran
  4. menguasai teori evaluasi pembelajaran PKn
  5. menguasai pengetahuan tentang karakteristik peserta didik

Keterampilan Khusus :

  1. mampu mengaplikasikan nilai, moral, hukum dan kebijakan publik
  2. mampu menerapkan pembelajaran bidang PKn secara PAIKEM
  3. mampu menciptakan media pembelajaran bidang PKn
  4. mampu menggunakan model, media pembelajaran yang tepat pada kegiatan belajar mengajar pada bidang PKn
  5. mampu menggunakan teknik evaluasi dalam pembelajaran PKn
  6. mampu mengenali karakteristik peserta didik dan menggunakan pendekatan pembelajaran
    yang sesuai dengan karakteristik anak didik

Keterampilan Umum :

  1. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan / atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya; 
  2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir; 
  3. mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data; 
  4. mengelola pembelajaran secara mandiri; 
  5. mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.