Dasar & Tujuan Kegiatan Olimpiade

1. Landasan Pemikiran

    Pendidikan adalah bagian dari upaya untuk memampukan setiap insan untuk mengembangkan potensi dirinya agar tumbuh menjadi manusia yang tangguh dan berkarakter serta berkehidupan sosial yang sehat.

    Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Bab II pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menjelaskan tentang Pendidikan Nasional berfungsi sebagai mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskankehidupan bangsa, serta bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara.

    Sebagai generasi muda penerus bangsa, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) menjadi mutlak. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengikuti berbagai kegiatan atau lomba baik yang diadakan oleh instansi pemerintah maupun lomba yang diselenggarakan oleh Perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

    Olimpiade Sains Nasional merupakan salah satu upaya Pemerintah, dalam hal iniadalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk memfasilitasi danmenumbuhkembangkan potensi-potensi saintifik generasi muda, agar memiliki
kesempatan untuk mencapai prestasi saintifiknya secara optimal baik di tingkat regional maupun internasional.

    Tujuan dari penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional adalah untuk menjaring siswasiswa unggul pada bidang sains yang diminatinya, memotivasi siswa untuk dapatmenguasai dan mengembangkan bidang sains, memicu dan memacu peningkatanmutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, meningkatkan rasa persaudaraandan pengenalan keragaman budaya, menumbukan kreativitas dan jiwa kompetisi yangsehat antar siswa di berbagai lingkungan pergaulan ilmiah.

    Banyak cara yang sudah ditempuh oleh pemerintah maupun instansi-instansi di Indonesia untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia dengan kemampuan intelektual yang dapat bersaing dengan daerah bahkan dengan negara lain, salah satunya dengan diadakannya olimpiade baik dari tingkat SD/MI, SMP-MTS, SMA/MA bahkan tingkat mahasiswa. Namun terkadang yang bisa menikmati kegiatan olimpiade tersebut hanya sekolah-sekolah tertentu saja. Dengan demikian, tuntutan pendidikan sekarang dan masa depan harus diarahkan pada peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan profesional serta sikap, kepribadian dan moral manusia Indonesia pada umumnya.

2. Tujuan Kegiatan

Tujuan dari Olimpiade Sains Nasional MIPA adalah untuk :

  1. Menumbuhkembangkan iklim kompetisi yang sehat di lingkungan peserta didikjenjang pendidikan dasar dan menengah di tingkat sekolah, kabupaten/kota,provinsi, nasional, dan internasional;
  2. Menjaring peserta didik unggul pada jenjang pendidikan dasar dan menengahdalam bidang matematika, sains, dan teknologi untuk disiapkan menjadi TimNasional dalam kompetisi tingkat internasional;
  3. Meningkatkan motivasi peserta didik menengah dalam penguasaan bidangmatematika, sains, dan teknologi;
  4. Memacu terjadinya peningkatan mutu pendidikan, khususnya bidangmatematika, sains, dan teknologi pada jenjang pendidikan menengah;
  5. Meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antar generasi mudaIndonesia;
  6. Memberikan kesempatan kepada peserta didik jenjang pendidikan menengahuntuk mengenali keragaman budaya dari berbagai wilayah Indonesia;
  7. Meningkatkan kreativitas peserta didik jenjang pendidikan meneng

 

3. Manfaat Kegiatan

Dampak yang diharapkan dari kegiatan ini adalah

  1. Terciptanya iklim kompetisi yang sehat di lingkungan siswa di tingkatSMA/MA
  2. Terjadinya peningkatan motivasi siswa jenjang pendidikan menengahdalam penguasaan bidang sains
  3. Terjadinya peningkatan mutu pendidikan, khususnya bidang sains di tingkatSMA/MA
  4. Terjadinya peningkatan rasa persaudaraan dan persatuan antar generasimuda Indonesia
  5. Terjadinya pergaulan lintas budaya pada generasi muda di berbagaiwilayah Indonesia.
  6. Terciptanya peningkatan kreativitas siswa di tingkatSMA/MA.