"Quality People , Quality Life"

Enam Alasan Skripsi Harus Cepat Beres

Banyak mahasiswa mengeluh saat menyelesaikan skripsinya. Dari mulai sulit cari responden, dosen pembimbing sibuk, hingga rasa malas dari diri sendiri. Akibatnya, skripsi tak kunjung beres sedangkan umur semakin bertambah.

Terlambat lulus karena pertukaran pelajar atau sibuk berorganisasi masih bisa dimaklumi. Tapi, lama lulus karena skripsi tak kunjung selesai artinya ada yang salah dengan strategi yang kamu terapkan. Berikut ini alasan yang bisa memotivasimu untuk bisa cepat menyelesaikan skripsi.

1. Tanpa skripsi gelar sarjana hanya mimpi

Skripsi adalah salah satu syarat kelulusan mahasiswa di tingkat sarjana. Artinya, tanpa skripsi, wisuda dan ijazah S-1 hanya akan ada dalam bayangan. Semakin cepat kamu menyelesaikan skripsi, semakin cepat kamu memeroleh gelar sarjana.

2. Jalan untuk masuk ke fase selanjutnya

Skripsi adalah gerbang utama untuk masuk ke fase selanjutnya. Sebab, setelah skripsi beres, kamu sudah enggak ada beban lagi dan tinggal menunggu waktu kelulusan. Di masa itu, tentu kesempatan magang atau buka usaha lebih terbuka.

3. Saatnya banggakan orangtua

Selama ini orangtuamu telah bersusah payah membiayai sekolah dari mulai SD hingga kuliah. Tentu mereka ingin menyaksikan anaknya sukses hingga mendapat gelar sarjana. Nah, ini adalah momentum untuk membanggakan kedua orangtuamu.

4. Malu jadi 'mahasiswa abadi'

Lama menyusun skripsi membuatmu ditinggal lulus duluan oleh teman seangkatan. Artinya, kamu harus siap seangkatan dan lulus bersama adik kelas.

5. Skripsi beres, liburan!

Liburan saat masih ada tanggungan tentu kurang nyaman. Tapi, setelah skripsi beres, kamu bebas dan leluasa untuk mengeksplorasi keindahan alam Indonesia bersama teman terdekat.

6. Boros

Semakin lama lulus tentu biaya kuliah yang dikeluarkan orangtua akan semakin besar. Belum lagi ditambah dengan uang saku yang kamu nikmati setiap hari tentu akan menambah beban pengeluaran orangtua.