"Quality People , Quality Life"

Pengembangan Bibit Unggul dan Tanaman Langka Sudah Dapat Dilakukan Oleh Mahasiswa Universitas Quality

Perbanyakan tanaman dengan metode kultur jaringan merupakan cara perbanyakan melalui perkembangbiakan secara vegetatif. Teknik pengembangbiakan ini memungkinkan dihasilkannya tanaman yang memiliki sifat sama dengan induknya atau kita dapat menggabungkan dua sifat yang berbeda sehingga diperoleh tanaman yang unggul, seperti tahan terhadap penyakit, kuat perakarannya, memiliki bentuk morfologi yang baik, dan dapat berbuah dengan lebat. 

Selain itu, teknik kultur jaringan juga dapat menghasilkan tanaman dengan waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan perbanyakan tanaman secara generatif. Dengan demikian, biaya yang diperlukan lebih sedikit. Teknik kultur jaringan memungkinkan perolehan tanaman baru dengan waktu yang cepat dan murah.

Dalam rangka mendukung pengembangan teknologi kultur jaringan, Universitas Quality menghadirkan Laboratorium Kultur Jaringan termodern di Sumatera Utara agar para mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Quality dapat melakukan riset dan pengembangan bibit-bibit unggul tanaman dengan dukungan fasilitas yang cukup baik.

Peresmian Laboratorium Kultur Jaringan ini dilakukan oleh Ketua Yayasan Bukit Barisan Simalem Drs. Tiandi Lukman  didampingi Rektor Universitas Quality Drs A.P Tambunan M.Si didampingi Wakil Rektor Dr. Ernafrida Tarigan M.Si , Ketua LPPM UQ Ir. Hasudungan Butarbutar M.Si, Dekan Fak. Pertanian Ir. Rafael Winardi MP dan Dekan FKIP Drs. Eduard Simatupang M.Si tanggal 10 April 2015.

Dalam sambutannya Drs. A.P Tambunan M.Si menjelaskan, pengembangan di Universitas Quality terus menerus dilakukan secara bertahap agar kedepannya Universitas Quality menjadi tempat dimana para mahasiswa dapat mengembangkan ilmu sekaligus melakukan berbagai riset pengembangan yang akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

Selaku Ketua Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Quality Ir. Hasudungan Butarbutar M.Si mengajak mahasiswa dan masyarakat berperan mendukung pengembangan dan penelitian para mahasiswa dengan membawa bibit-bibit unggul berbagai jenis tanaman yang ada diseluruh dunia agar dapat dikembangkan di Laboratorium Kultur Jaringan Fakultas Pertanian Universitas Quality.

Hal senada juga diungkapkan Ir. Rafael Winardi MP, “Beberapa jenis tanaman yang terancam punah, seperti jenis tanaman pisang, melati, kenanga, kayu jati, dan kayu putih akan diselamatkan melalui kultur jaringan, yaitu melalui jalan kloning. Bahkan populasinya dapat bertambah dan sifat-sifat khas yang dimiliki oleh tanaman tersebut tetap terjamin. Oleh karena itu mari para mahasiswa bergiat diri melakukan riset dan pengembangan dengan memanfaatkan Fasilitas baru yang telah disediakan oleh Universitas Quality ini.” Kata Rafael yang juga Dekan Fakultas Pertanian Universitas Quality.