"Quality People , Quality Life"

Seminar dan Workshop Pendidikan Nasional Dengan Tema Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila timbul perubahan tingkah laku positif pada peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Konteks ini pada dasarnya bergantung pada guru sebagai elemen penting dalam kegiatan pembelajaran. Memang saat ini sudah menjadi tidak lazim apabila seseorang guru menjadi dominator kegiatan pembelajaran di kelas, namun hal ini bukan berarti guru lepas tanggung jawab terhadap keberhasilan siswanya dalam belajar. Untuk mewujudkan tanggung jawab tersebut guru harus selalu proaktif dan responsive terhadap semua fenomena-fenomena yang dijumpai di kelas.

Sejalan dengan pernyataan di atas, saat ini upaya perbaikan pendidikan dilakukan dengan pendekatan konstruktivis. Oleh karena itu guru tidak hanya sebagai penerima pembaharuan pendidikan, namun ikut bertanggungjawab dan berperan aktif dalam melakukan Pembaharuan pendidikan serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya melalui  penelitian tindakan dalam pengelolaan pembelajaran di kelasnya. Agar terwujud peningkatan profesionalitas guru melalui kebiasan melakukan penelitian tindakan  kelas sehingga kemampuan guru mengajar dan menguasai kelas dapat meningkat yang pada akhirnya tujuan pembelajaran maksimal dapat tercapai, Universitas Quality menyelenggarakan Seminar dan Workshop Pendidikan Nasional dengan thema Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) 25 Februari 2016 lalu dengan menggandeng Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara.

Seminar dibagi atas tiga materi utama yakni Teknik Perencanaan PTK yang di bawakan oleh Drs. Ratelit Tarigan, M.Pd dekan moderator Dosen Universitas Quality Dr. Sri Faizah, M.Pd. Di sesi kedua Dekan FKIP Quality Drs. Eduard, M.Si dan Drs.Heryanto, M.Pd membawakan materi Teknik Pelaksanaan PTK dengan moderator Drs. Pandapotan Tambunan, M.Pd.

Sedangkan Drs. Syahdian, M.Si yang mewakili Ketua LPMP Sumut membawakan materi Teknik Penulisan Laporan PTK dengan moderator Dr. Tutiarni Naibaho, M.Pd. Di sesi terakhir diisi dengan dengan workshop PTK yang di pimpin oleh FKIP Quality Drs. Eduard, M.Si dan Drs.Heryanto, M.Pd.

Kegiatan yang diikuti oleh guru-guru SMA yang ada di kota Medan dan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Quality ini juga diisi dengan penandatanganan MOU kerjasama antara LPMP Sumatera Utara dengan Universitas Quality dalam rangka peningkatan bidang pelaksanaan pelatihan dan peningkatan kualitas Guru di Sumatera Utara.

Pada kesempatan tersebut Kepala Seksi Pemetaan dan Supervisi LPMP Sumut, Drs. Syahdian, M.Si  menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat mendukung kemajuan pendidikan Sumatera Utara. “Kita harapkan kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara berkesinambungan dan LPMP sumut siap membantu dan bekerjasama dalam pelaksanaannya.” Kata Syahdian.