"Quality People , Quality Life"

Universitas Quality Bikin Musik Tradisional Batak Semakin Ngeksis

Musik tradisional khususnya musik batak sering diperdengarkan dalam berbagai kesempatan, baik diacara-acara resmi maupun yang tidak resmi. Namun seiring dengan perkembangan zaman, musik tradisional seakan mulai pudar dalam kehidupan bermasyarakat. Meskipun masih eksis, namun sudah banyak yang tidak paham makna dari musik-musik tradisional.

Agar kawula muda kembali mengenal dan dekat dengan musik tradisional, khususnya musik batak, Universitas Quality menghadirkan seorang seniman musik batak Martogi Sihotang yang sudah memperkenalkan musik batak kemancanegara melakukan Workshop & Pertunjukan Ensambel Musik Tradisional Batak di Universitas Quality 10 April 2015 lalu.

Kehadiran Martogi Sihotang yang sudah membawa musik Batak hingga berbagai daerah di Amerika Serikat seperti Los Angeles, San Fransisco, New York, Washington DC, Colorado serta kemancanegara seperti Polandia, Rusia dan Venezuela sejak tahun 1991 ini seakan menghipnotis seluruh mahasiswa dan fungsionaris kampus. Satu persatu alat musik Batak diperkenalkan Martogi, baik nama, fungsi hingga sejarah lahirnya alat musik tersebut.

Workshop dan pertunjukan yang berlangsung selama hampir dua jam ini berhasil mengundang decak kagum seluruh mahasiswa dan fungsionaris. Dengan piawai Martogi Sihotang dan group memperdengarkan berbagai lagu-lagu nasional dan lagu-lagu lainnya yang diarasemen dalam musik batak yang telah menjadi warisan budaya Sumatera Utara.

Melalui workshop dan pagelaran musik ini sekaligus menjadi penyegaran bagi mahasiswa selain memperoleh ilmu di bangku kuliah, juga memperoleh pengetahuan yang baik tentang sejarah musik tradisional sehingga diharapkan dapat turut melestarikan musik tradisional yang telah menjadi bagian dari world music.