"Menjadi Program Studi Magister Pendidikan Dasar yang unggul, inovatif, dan berdaya saing dalam pengembangan ilmu pendidikan dasar berbasis riset dan nilai-nilai kebangsaan pada tahun 2030.".
MISIUntuk mewujudkan visi tersebut, Program Studi Magister Pendidikan Dasar Universitas Quality menjalankan misi sebagai berikut:
Menghasilkan Lulusan yang Bermutu dengan Kompetensi Tinggi
Menghasilkan Karya Penelitian yang Inovatif dan Relevan
Menghasilkan Aktivitas Pengabdian kepada Masyarakat
Mengkaji dan Mengembangkan Implementasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni
Mengembangkan Tata Kelola Program Studi yang Sehat, Bersih, dan Transparan

|
ASPEK |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
|
Sikap |
|
|
Pengetahuan |
|
|
Keterampilan Umum |
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan ino-vatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerap-kan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kai-dah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam ben-tuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penye-lesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi, dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pe-kerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. |
|
Keterampilan Khusus |
1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui peran-cangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab. 2. Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. 3. Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di se-kolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik. 4. Mampu menganalisis, merekonstruksi,dan memodifikasi kuri-kulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri. 5. Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan. 6. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendi-dikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan mela-porkannya dalam bentuk skripsi dan mengunggah artikel dalam laman perguruan tinggi. 7. Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.
|
| Nomor | Kode Matakuliah | Matakuliah | Jumlah SKS |
|---|---|---|---|
| 1 | MPDS811401 | FILSAFAT PENDIDIKAN DASAR | 2 |
| 2 | FKIP811402 | DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN | 2 |
| 3 | MPDS811403 | DESAIN DAN PEMBELAJARAN IPA | 2 |
| 4 | FKIP811404 | STATISTIK PENDIDIKAN | 2 |
| 5 | MPDS811405 | DESAIN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA | 2 |
| 6 | MPDS811406 | DASAR-DASAR PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR | 2 |
| Total SKS | 12 | ||
| Nomor | Kode Matakuliah | Matakuliah | Jumlah SKS |
|---|---|---|---|
| 1 | MPDS821407 | PENILAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR | 4 |
| 2 | MPDS821408 | DESAIN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR | 4 |
| 3 | FKIP821409 | METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN | 4 |
| 4 | MPDS821411 | DESAIN DAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA | 2 |
| 5 | MPDS821412 | DESAIN DAN PEMBELAJARAN IPS | 2 |
| 6 | MPDS821413 | DESAIN DAN PEMBELAJARAN PKN | 2 |
| 7 | MKUQ821414 | LITERASI (MANUSIA, DIGITAL DAN BUDAYA) | 3 |
| 8 | MPDS821410 | KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR | 3 |
| Total SKS | 24 | ||
| Nomor | Kode Matakuliah | Matakuliah | Jumlah SKS |
|---|---|---|---|
| 1 | MPDS832418 | PENGEMBANGAN IPA PENDIDIKAN DASAR | 4 |
| 2 | MPDS832422 | PENGEMBANGAN PKN PENDIDIKAN DASAR | 4 |
| 3 | MPDS832419 | PENGEMBANGAN MATEMATIKA PENDIDIKAN DASAR | 4 |
| 4 | MPDS832421 | PENGEMBANGAN IPS PENDIDIKAN DASAR | 4 |
| 5 | MPDS831414 | PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU | 4 |
| 6 | MPDS831415 | DEFUSI INOVASI PENDIDIKAN DASAR | 4 |
| 7 | MPDS831416 | PENDIDIKAN CIPTA SENI DAN GERAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL | 4 |
| 8 | MPDS831417 | PERSPEKTIF GLOBAL DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DASAR | 4 |
| Total SKS | 32 | ||
| Nomor | Kode Matakuliah | Matakuliah | Jumlah SKS |
|---|---|---|---|
| 1 | MPDS841423 | TESIS | 8 |
| Total SKS | 8 | ||