
Training Center Bagi Tenaga Kependidikan Universitas Quality dan Universitas Quality Berastagi
Dalam rangka peningkatan produktivitas kerja para tenaga kependidikan, maka Rektorat dan Yayasan Bukit Barisan Simalem (penyelenggara Universitas Quality dan Universitas Quality Berastagi) mengadakan kegiatan pelatihan atau Training Centre kepada seluruh Tenaga Kependidikan (Tendik) dengan Tema “Kiat Cepat Memahami dan Mengeksekusi Target Program Kerja di Lingkungan Universitas pada Era Revolusi Industri bagi Tenaga Kependidikan”, yang dilaksanakan pada tanggal 24 dan 25 Maret 2023 di Universitas Quality, Jalan Ringroad – Ngumban Surbakti Nomor 18, Medan.
Pada hari Sabtu, 24 Maret 2023 pukul 09.00 WIB, kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Quality Berastagi, Ibu Prof. Dr. Erna Frida, M.Si. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Bukit Barisan Simalem karena memberikan wadah dan dukungan untuk dapat mengasah skill, meningkatkan kompetensi, dan pengetahuan para tendik. Beliau juga berterimakasih kepada para tenaga kependidikan karena menyambut baik kegiatan tersebut dan sangat antusias dalam menjalankan program yang telah dibuat oleh pihak rektorat dan badan penyelenggara.
Setelah dibuka oleh Rektor Universitas Quality Berastagi, acara dilanjutkan dengan arahan oleh Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Bukit Barisan Simalem, Bapak David Fredianson Purba. Sebelum memberikan arahan, beliau memperkenalkan masing-masing tenaga kependidikan yang ada di Universitas Quality dan Universitas Quality Berastagi. Sebagai sebuah keluarga dari Yayasan Bukit Barisan Simalem, tentunya hal ini sangat memberikan pengaruh positif baik bagi Universitas maupun bagi para tenaga kependidikan itu sendiri. Kemudian, beliau memaparkan secara singkat struktur organisasi dan unit yang ada di lingkungan Universitas.
Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi seputar Ruang Lingkup Akademik oleh BPH Bidang Pengembangan Akademik, Ibu Rita Herlina Perangin-angin, M.Pd. Sebelum masuk ke penjelasan, beliau memainkan games berbasis IT untuk mengetahui minat para tendik dalam mengakses aplikasi digital. Setelah itu, dilanjutkan dengan dasar-dasar peraturan yang melandasi kegiatan akademik di lingkungan Universitas. Beliau menjelaskan bahwa setiap perjalanan Universitas, harus berdasarkan pada peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Setelah dipaparkan secara gamblang, acara dilanjutkan dengan mengisi PostTest untuk melihat seberapa paham tendik terhadap penjelasan mengenai ruang lingkup akademik, dan hasilnya cukup memuaskan. Setelah mengetahui hasil PostTest, acara di lanjutkan dengan coffee break dan ishoma.
Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi seputar Sistem dan Aplikasi yang ada di lingkungan Universitas Quality dan Universitas Quality Berastagi oleh BPH Bidang IT/ System oleh Bapak Chandra Kosasih, S.T. Dalam paparannya, beliau menjelaskan ada begitu banyak layanan yang bisa digunakan oleh civitas akademika dalam mengakses kebutuhan maupun adiministrasi seputar akademik, diantaranya adalah : Q-Pendaftaran untuk layanan pendaftaran mahasiswa baru, Portal Dosen untuk kebutuhan aktifitas dosen, Portal Mahasiswa untuk kebutuhan aktifitas mahasiswa, Q-Tracer untuk mengukur jumlah dan sebaran alumni, Q-Magang/KKN untuk kebutuhan aktifitas magang/KKN (kegiatan mahasiswa di luar kampus), Q-Library untuk layanan perpustakaan, Q-ebook untuk layanan buku elektronik, Q-Layanan untuk kebutuhan administrasi dan surat-menyurat, Q-Skripsi untuk kebutuhan aktifitas skripsi online mahasiswa, Q-Moral Etik untuk kebutuhan aktifitas Moral Etik dosen dan Mahasiswa, Q-Kinerja untuk mengukur dan memfasilitasi target kinerja dosen dan tendik, Q-Enterprise sebagai wadah penunjang aktifitas akademik, Q-Wisuda sebagai wadah informasi Yudisium dan Wisuda Sarjana dan melihat progress kinerja panitia wisuda, dan Q-Diksar untuk kebutuhan aktifitas seputar Pendidikan Dasr (DikSar). Melalui penjelasannya, beliau kembali menegaskan bahwa target Universitas Quality dan Universitas Quality Berastagi adalah 100% Full Online. Artinya bahwa, setiap tenaga kependidikan pun wajib memahami dan mengerti tata cara pengaplikasian sistem yang diberlakukan di Universitas. Beliau juga berpesan agar melalui kegiatan ini, para tendik dapat lebih meningkatkan skill nya dalam mengelola aplikasi yang ada sehingga terwujudlah VMTS Universitas yaitu menjadi Universitas yang Bermutu, Inovatif dalam bidang IPTEK dan berdaya saing pada Tahun 2031. Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan mengisi PostTest dan hasilnya sangat memuaskan. Untuk sesi pertama kegiatan ditutup pada pukul 17.00 WIB, dan dilanjut pada sesi ke dua dihari berikutnya.
Hari kedua Sabtu pada tanggal 25 Maret 2023, dilanjutkan oleh Kepala Biro Keuangan Ibu Hernyke Alviani Sembiring Meliala, S.E yaitu pemaparan materi seputar Ketentuan Keuangan. Beliau menjelaskan bahwa ketentuan keuangan yang ada di Universitas terbagi menjadi Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, dan lainnya. Setiap kegiatan yang ada di Universitas tentunya membutuhkan anggaran, dan kebutuhan tersebut haruslah dianalisa dengan sebaik mungkin sesuai dengan skala dan tingkat urgensinya. Maka dari itu, beliau berpesan bahwa sebaiknya setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Universitas haruslah memiliki perencanaan dan persiapan yang matang yang tertuang dalam proposal dengan penulisan yang baik dan komunikatif. Melalui proposal, Biro Keuangan akan lebih mudah menganalisis dan membuat pertimbangan kelayakan anggaran yang dibutuhkan atas kegiatan yang diusulkan. Beliau menambahkan, bahwa setiap kebutuhan yang diperlukan oleh masing-masing tendik baik ATK, Transport, dan lain-lain dapat dipenuhi oleh Universitas dengan ketentuan mengisi form yang disediakan sebagai alat pengajuan. Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan mengisi PostTest dan hasilnya sangat memuaskan.
Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi seputar Perpustakaan oleh Ibu Mar’atul Qibtiyyah, S.S.I. Dalam materinya, beliau memaparkan bahwa layanan di Perpustakaan sudah difasilitasi dengan sistem Q-Library (OPAC) untuk memudahkan pencarian buku secara online. Selain itu, ada juga aplikasi Q-Layanan yang memudahkan mahasiswa untuk mengakses surat bebas pustaka saat proses administrasi menyelesaikan ujian akhir studi (skripsi), dan masih banyak lagi kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh Perpustakaan yang berbasis teknologi. Hal ini akan terus ditingkatkan mengingat bahwa Universitas Quality dan Universitas Quality Berastagi menuju 100 % Online. Beliau juga menampilkan grafik kunjungan perpustakaan yang ada di lingkungan Universitas Quality dan Universitas Quality Berastagi, dan melihat minimnya kunjungan para tenaga kependidikan untuk aktifitas peminjaman buku di Perpustakaan. Sebelum menutup materi dan melaksanakan PostTest, beliau berharap agar para tendik aktif melakukan kunjungan ke Perpustakaan dan melakukan peminjaman buku untuk meningkatkan aktitifitas Perpustakaan Universitas dan menambah wawasan pembaca. Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan mengisi PostTest dan hasilnya sangat memuaskan.
Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Kesekretariatan dan Administrasi oleh Ibu Desy Arsita Tarigan, S.Pd. Selaku Kepala Sekretariat, beliau menjelaskan Peran Tenaga Kependidikan bukan hanya melaksanakan tugas administrasi saja namun berperan lebih luas sebagai Pengelolaan, Pengembangan, Pengawasan dan Pelayanan teknis, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Permendikbud No 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Beliau menambahkan, menjadi tenaga kependidikan harus dibekali dengan 3 kompetensi yaitu Kepribadian, Sosial , dan Profesional, mecakup bagaimana tenaga kependidikan memiliki etika yang baik, hubungan sosial yang baik, dan pengetahuan yang luas dalam bidang ilmu atau unit yang saat ini diposisikan kepada yang bersangkutan. Dalam materinya beliau mejelaskan poin penting tentang Sejarah Universitas Quality dan Universitas Quality Berastagi, Tata naskah dinas di Universitas, Mekanisme eksekusi surat masuk, penggunaan sistem persuratan melalui Q-Layanan, dan etika seorang tenaga kependidikan. Beliau juga menjelaskan runtutan pengelolaan administrasi khususnya mekanisme dalam eksekusi surat masuk dan cara berkoordinasi dengan pimpinan dalam mengambil keputusan kepada para peserta training. Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan mengisi PostTest dan hasilnya sangat memuaskan.
Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi Fixed Asset Management (FAMA) oleh Ketua BPH Yayasan, Bapak David Fredianson Purba. Sebelum memulai materi, beliau memperkenalkan Ibu Yuni Elizabeth Saragih selaku kepala unit FAMA. FAMA adalah unit yang mengelola asset berwujud di lingkungan Universitas. Asset tersebut berupa gedung dan fasilitas kampus seperti toilet, bus kampus, kantin, AC, listrik, Aula, dan lain sebagainya. FAMA berfungsi sebagai unit yang bertugas mengukur biaya pemeliharaan maupun penyusutan asset, agar setiap asset yang ada dapat terpelihara dengan baik. FAMA juga bertugas untuk mengontrol tugas para tenaga keamanan (security) dan tenaga kebersihan (cleaning secvice) di lingkungan Universitas. Dalam hal ini beliau menjelaskan kepada seluruh tenaga kependidikan perihal bagaimana sistem atau SOP dalam pengajuan pemakaian fasilitas kampus, atau pengadaan barang kebutuhan pada unit masing-masing, beliau juga menyampaikan pesan kepada seluruh tenaga kependidikan agar wajib mengetahui fasilitas yang ada di kampus dan ikut memelihara fasilitas serta memonitor penggunaannya. Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan mengisi PostTest dan hasilnya sangat memuaskan.
Setelah serangkaian acara dilaksanakan, MC memandu penutupan kegiatan. Acara ditutup oleh Wakil Rektor Universitas Quality, dan kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.