Profil

Prodi Pendidikan Matematika

VISI

"Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang riset pendidikan matematika dan mampu bersaing menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional dan memajukan pendidikan di bidang Pendidikan Matematika pada Tahun 2031".

MISI
  • Menyelenggarakan pendidik an, pembelajaran, dan pengembangan pengetahuan di bidang Pendidikan Matematika yang berkualitas sesuai dengan  standar nasional.

  • Mengembangkan riset terapan secara terpadu dalam semua aspek keilmuan di bidang Pendidikan Matematika yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemasyarakatan.

  • Meningkatkan mutu pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset terapan di bidang pendidikan untuk kesejahteraan masyarakat.

  • Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan lain serta masyarakat dalam bidang pendidikan.

  • Meningkatkan kualitas staf pengajar dari segi ilmuwan praktek dan metode pembelajaran yang memiliki budaya kerja yang nyaman, tanggap, peduli, dan bertanggungjawab.

SASARAN

- Meningkatkan kualitas kurikulum di program studi sesuai dengan kebutuhan stakeholder. 
- Meningkatkan kualitas tenaga pengajar. 
- Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. 
- Meningkatkan kualitas mata kuliah perilaku berkarya dalam rangka peningkatan profesionalisme mahasiswa sebagai calon guru. 
- Meningkatkan kesiapan dan kemampuan mahasiswa menjadi tenaga pengajar. 
- Meningkatkan kerjasama dengan lembaga pendidikan pemerintah maupun swasta. 
- Melaksanakan riset terapan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Pendidikan Matematika. 
- Melaksanakan program pengabdian pada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa. 
- Terciptanya sistem keuangan dan pengawasan internal di fakultas. 
- Terciptanya organisasi fakultas yang sehat dan dinamis. 
- Terciptanya transparansi dan akuntanbilitas keuangan

  1. Pendidik di bidang Matematika SMP, SMA, SMK
  2. Peneliti Pendidikan Matematika
  3. Entrepreneur Pendidikan (Edupreneur) Matematika

ASPEK

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Sikap

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep dan prinsip didaktik pedagogi matematika serta keilmuan matematika
  2. Menguasai materi pembelajaran matematika
  3. Menguasai teori dan model–model pembelajaran berbasis IPTEKS
  4. Menguasai strategi pembelajaran
  5. Menguasai pembuatan dan penggunaan media pembelajaran berbasis IPTEKS
  6. Menguasai teknik-teknik dan teori evaluasi pembelajaran
  7. Menguasai statistik dan teori-teori metode penelitian
  8. Menguasai penelitian operasi pendidikan
  9. Menguasai tehnik penyusunan laporan penelitian berbasis IPTEKS
  10. Menguasai teori dan teknik komunikasi
  11. Menguasai teori – teori tentang kewirausahaan, manajemen pendidikan
  12. Menguasai pengelolaan kewirausahaan berbasis IPTEKS

Keterampilan Umum

  1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
  3. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
  4. Mengelola pembelajaran secara mandiri;
  5. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep dan prinsip didaktik pedagogik matematika serta keilmuan matematika
  2. Mampu menyampaikan materi pembelajaran matematika
  3. Mampu menerapkan teori dan model – model pembelajaran berbasis IPTEKS
  4. Mampu menggunakan strategi pembelajaran
  5. Mampu membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis IPTEKS
  6. Mampu menerapkan teknik-teknik dan teori pembelajaran
  7. Mampu melakukan evaluasi pembelajaran
  8. Mampu  menggunakan statistik dalam pengolahan data
  9. Mampu menerapkan teori-teori metode penelitian
  10. Mampu melakukan penelitian operasi pendidikan
  11. Mampu menggunakan tehnik penyusunan laporan penelitian berbasis IPTEKS
  12. Mampu menggunakan teori dan teknik komunikasi
  13. Mampu menggunakan teori – teori tentang kewirausahaan, manajemen pendidikan
  14. Mampu menerapkan pengelolaan kewirausahaan berbasis IPTEKS

Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
MPMM611107 GEOMETRI BIDANG & RUANG
3
MPMM611101 STATISTIK DASAR
3
MPMM611102 PENGANTAR DASAR MATEMATIKA
3
MPMM611103 STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA
3
MPMM611104 KALKULUS DIFERENSIAL
3
MPMM611105 ALJABAR LINIER
3
MPMM611106 KAPITA SELEKTA MATEMATIKA SEKOLAH
2
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
MPMM621110 KALKULUS INTEGRAL
3
MPMM621112 PROGRAM LINIER
3
MPMM621113 MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
2
MPMM621114 TELAAH MATEMATIKA SEKOLAH
2
MPMM621115 TEORI BILANGAN
3
MPMM631119 STRUKTUR ALJABAR
3
MPMM621111 PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
2
MPMM621108 METODE STATISTIKA
3
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
MPMM631116 PERSAMAAN DIFERENSIAL
3
MPMM631117 PENELITIAN OPERASI PENDIDIKAN
3
MPMM631118 GEOMETRI ANALITIK
3
MPMM631120 PEMODELAN MATEMATIKA
3
MPMM631121 METODE NUMERIK
3
MPMM631122 STATISTIKA MATEMATIKA
3
MPMM621109 MATEMATIKA TERAPAN
3
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
MPMM641123 GEOMETRI TRANSFORMASI
3
MPMM641124 PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
3
MPMM641125 ANALISIS KOMPLEK
3
MPMM641126 TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA SEKOLAH
2
MPMM641127 FILSAFAT ILMU MATEMATIKA
2
FKIP641128 MICROTEACHING
2
MPMM641130 MATEMATIKA EKONOMI DAN BISNIS
3
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
MPMM651131 MATEMATIKA DISKRIT
3
MPMM651132 ANALISIS REAL
3
MPMM651133 EVALUSI PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA
3
FKIP651134 MAGANG
4
FKIP651135 PSIKOLOGI PENDIDIKAN
3
MPMM651136 KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR
3
MPMM682157 APLIKASI KOMPUTER
2
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
MKUQ661137 PENDIDIKAN MORAL ETIK
3
MPMM661138 BAHASA INGGRIS MATEMATIKA
2
MKUQ661143 PENULISAN KARYA ILMIAH
2
FKIP661139 LANDASAN KEPENDIDIKAN
3
FKIP661140 PROFESI KEPENDIDIKAN
2
MPMM672154 MULTIMEDIA
2
MKUQ661141 KEWIRAUSAHAAN
3
MKUQ661150 PERLINDUNGAN ANAK
2
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
FKIP641129 PENDIDIKAN ANTI KORUPSI
2
FKIP671144 SKRIPSI
6
MKWU671145 AGAMA
2
MKWU671146 KEWARGANEGARAAN
2
MKWU671147 PANCASILA
2
MKWU671148 BAHASA INDONESIA
2
FKIP671149 ETIKA GURU
2
MPMM662153 TRANSFORMASI DIGITAL
2
MKUQ671150 BUDAYA NASIONAL
2
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS