"Menjadi Program Studi yang Unggul, Profesional dan Inovatif dalam Pendidikan ke-SD an, tahun 2031".
MISI- Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pembelajaran Pendidikan Ke-SD an.
- Meneyelenggarakan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat bidang Kependidikan Ke-SD an.
- Membangun dan menjalin kerjasama yang saling bermanfaat dengan berbagai pihak dalam bidang Kependidikan ke-SDan.
- Membangun Tata Pamong yang baik.
Penyelenggaraan Proses Belajar Mengajar yang efisien, efektif, dan produktif berbasis Student Centered Learning ( SCL ) |
|
Pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara maksimal untuk mengukur keberhasilan pembelajaran dan pencapaian kompetensi. |
|
Terciptanya hasil penelitian unggulan yang bermanfaat bagi komunitas pendidikan |
|
Terwujudnya peran FKIP Universitas Quality di masyarakat melalui kegiatan pengabdian Prodi PGSD di bidang Pendidikan. |
|
Penguatan Sistem Akademik melalui peningkatan kegiatan akademis dan otonom Dosen dan Mahasiswa |
|
Terwujudnya kerjasama yang saling bermanfaat dan sinergisitas dengan lembaga lain maupun dengan masyarakat. |
Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama yang saling bermanfaat dan sinergisitas dengan lembaga lain maupun dengan masyarakat. |
ASPEK |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Sikap |
|
Pengetahuan |
|
Keterampilan Umum |
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan ino-vatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerap-kan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kai-dah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam ben-tuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penye-lesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi, dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pe-kerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. |
Keterampilan Khusus |
1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui peran-cangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab. 2. Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. 3. Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di se-kolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik. 4. Mampu menganalisis, merekonstruksi,dan memodifikasi kuri-kulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri. 5. Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan. 6. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendi-dikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan mela-porkannya dalam bentuk skripsi dan mengunggah artikel dalam laman perguruan tinggi. 7. Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.
|
Kode Matakuliah | Matakuliah | |
---|---|---|
FKIP611301 | LANDASAN KEPENDIDIKAN | PGSD611302 | BAHASA INGGRIS | PGSD611303 | KONSEP DASAR IPA | PGSD611305 | KONSEP DASAR IPS | PGSD611307 | KONSEP DASAR PKN | PGSD611304 | KONSEP DASAR MATEMATIKA | PGSD611306 | KONSEP DASAR BAHASA INDONESIA |
20 |
Kode Matakuliah | Matakuliah | |
---|---|---|
FKIP621308 | PROFESI KEPENDIDIKAN | PGSD621309 | PENDIDIKAN IPA DI SD | PGSD621310 | PENDIDIKAN MATEMATIKA DI SD | PGSD621311 | PENDIDIKAN IPS DI SD | PGSD621312 | PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DI SD | PGSD621313 | PENDIDIKAN PKn DI SD |
Kode Matakuliah | Matakuliah | |
---|---|---|
PGSD632323 | KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS DI SD | FKIP631313 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | PGSD631314 | PENDIDIKAN SENI | PGSD631315 | FILSAFAT KEPENDIDIKAN | PGSD631316 | RETORIKA | PGSD631317 | INOVASI PEMBELAJARAN SD | PGSD631318 | BIMBINGAN KONSELING DI SD | PGSD631319 | KEPEMIMPINAN DAN KEPRAMUKAAN |
Kode Matakuliah | Matakuliah | |
---|---|---|
PGSD641327 | PENDIDIKAN JASMANI | PGSD641328 | STATISTIKA PENDIDIKAN | PGSD641329 | PENGEMBANGAN KURIKULUM SD | PGSD641330 | PENELITIAN TINDAKAN KELAS | PGSD641331 | PENDIDIKAN SENI RUPA DAN KETERAMPILAN | PGSD641332 | EVALUASI PEMBELAJARAN DI SD | PGSD642333 | PENDIDIKAN IPA FISIKA | FKIP641326 | MIKRO TEACHING |
Kode Matakuliah | Matakuliah | |
---|---|---|
PGSD651341 | PEMBELAJARAN TERPADU | PGSD651342 | MANAJEMEN KELAS | PGSD651343 | MEDIA DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI SD | PGSD651344 | USAHA KESEHATAN SEKOLAH | PGSD651345 | MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH | PGSD651346 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SD | FKIP651339 | MAGANG | FKIP651340 | ETIKA GURU |
Kode Matakuliah | Matakuliah | |
---|---|---|
PGSD661347 | MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI | PGSD661348 | PERLINDUNGAN ANAK | PGSD661349 | KEWIRAUSAHAAN | PGSD661350 | METODOLOGI PENELITIAN SD | MKUQ661351 | PENULISAN KARYA ILMIAH | MKUQ661352 | KULIAH KERJA NYATA | PGSD662354 | PENDALAMAN MATERI MATEMATIKA | MKUQ661359 | PENDIDIKAN ANTI KORUPSI |
Kode Matakuliah | Matakuliah | |
---|---|---|
MKWU671360 | AGAMA | MKWU671361 | PANCASILA | MKWU671362 | KEWARGANEGARAAN | MKWU671363 | BAHASA INDONESIA | MKUQ671364 | PENDIDIKAN MORAL DAN ETIK | FKIP671365 | SKRIPSI | MKUQ671366 | BUDAYA NASIONAL |
Kode Matakuliah | Matakuliah | |
---|---|---|