Profil

Prodi Pendidikan Guru SD

VISI

"Menjadi Program Studi yang Unggul, Profesional dan Inovatif dalam Pendidikan ke-SD an, tahun 2031".

MISI

- Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pembelajaran Pendidikan Ke-SD an.
-  Meneyelenggarakan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat bidang Kependidikan Ke-SD an. 
- Membangun dan menjalin kerjasama yang saling bermanfaat dengan berbagai pihak dalam bidang Kependidikan ke-SDan. 
- Membangun Tata Pamong yang baik.

SASARAN

SASARAN

STATEGI DAN SASARAN

Penyelenggaraan Proses Belajar Mengajar yang efisien, efektif, dan produktif berbasis Student Centered Learning ( SCL )

  • Mengembangkan model-model pembelajaran yang sesuai dengankarakteristik mata kuliah dan Mahasiswa ( SCL ).

  • Memanfaatkan teknologi informasi dan sumber belajar lain secara optimal.

  • Meningkatkan kemampuan Dosen dalam membimbing Tugas Akhir Mahasiswa.

  • Mengembangkan substansi praktikum / praktik yang sesuai dengan standar kompetensi / kompetensi dasar.

  • Monitoring dan evaluasi aktivitas praktikum / praktik

  • Melaksanakan pelatihan dan pemagangan TI untuk Dosen

  • Meningkatkan substansi kegiatan Magang dan pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan.

Pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara maksimal untuk mengukur keberhasilan pembelajaran dan pencapaian kompetensi.

  • Meningkatkan intensitas monitoring dan evaluasi proses pembelajaran dan penilaian.

  • Meningkatkan sistem pengarsipan penilaian mata kuliah.

Terciptanya hasil penelitian unggulan yang bermanfaat bagi komunitas pendidikan

  • Melaksanakan pelatihan penelitian untuk menghasilkan proposal yang kompetitif guna memperoleh hibah penelitian bagi Dosen Muda penelitian di tingkat Universitas Dan Dikti.

  • Menyediakan hibah penelitian di tingkat fakultas untuk Dosen Muda.

  • Melaksanakan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk melaksanakan penelitian dengan azas kepedulian.

Terwujudnya peran FKIP Universitas Quality di masyarakat melalui kegiatan pengabdian Prodi PGSD di bidang Pendidikan.

  • Meningkatkan peran Prodi PGSD dalam masyarakat melalui lingkungan binaan terpadu.

  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat.

  • Melakukan pelatihan penyusunan proposal PkM yang berkualitas.

Penguatan Sistem Akademik melalui peningkatan kegiatan akademis dan otonom Dosen dan Mahasiswa

  • Meningkatkan peran Prodi PGSD dalam masyarakat melalui peningkatan kegiatan diskusi, dan pertemuan ilmiah.

  • Melaksanakan Standar Penjaminan Mutu di Prodi PGSD

  • Meningkatkan keotonomian Dosen dan Mahasiswa.

Terwujudnya kerjasama yang saling bermanfaat dan sinergisitas dengan lembaga lain maupun dengan masyarakat.

Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama yang saling bermanfaat dan sinergisitas dengan lembaga lain maupun dengan masyarakat.

DAFTAR DOSEN

  1. Menjadi calon Guru pada lembaga pendidikan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah (MI)
  2. Menjadi peneliti pemula bidang SD
  3. Menjadi calon Pengelola lembaga pendidikan SD
  4. Pengembang Media Pembelajaran SD

ASPEK

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menun-jukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyara-kat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan ke-percayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian ter-hadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewi-rausahaan.

Pengetahuan

  1. Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK.
  4. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, me-tode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
  5. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar.
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat me-mecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar.
  7. Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait de-ngan perilaku siswa dalam pembelajaran.

Keterampilan  Umum

1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan ino-vatif dalam konteks pengembangan  atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai    humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang    memperhatikan dan menerap-kan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kai-dah, tata  cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam ben-tuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penye-lesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi, dan data.

6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pe-kerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.

Keterampilan Khusus

1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui peran-cangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab.

2. Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.

3. Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di se-kolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik.

4. Mampu menganalisis, merekonstruksi,dan memodifikasi kuri-kulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri.

5. Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan.

6. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendi-dikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan mela-porkannya dalam bentuk skripsi dan mengunggah artikel dalam laman perguruan tinggi.

7. Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.

                                                                 

Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
FKIP611301 LANDASAN KEPENDIDIKAN
3
PGSD611302 BAHASA INGGRIS
2
PGSD611303 KONSEP DASAR IPA
3
PGSD611305 KONSEP DASAR IPS
3
PGSD611307 KONSEP DASAR PKN
3
PGSD611304 KONSEP DASAR MATEMATIKA
3
PGSD611306 KONSEP DASAR BAHASA INDONESIA
3
20
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
FKIP621308 PROFESI KEPENDIDIKAN
2
PGSD621309 PENDIDIKAN IPA DI SD
4
PGSD621310 PENDIDIKAN MATEMATIKA DI SD
4
PGSD621311 PENDIDIKAN IPS DI SD
4
PGSD621312 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DI SD
4
PGSD621313 PENDIDIKAN PKn DI SD
4
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
PGSD632323 KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS DI SD
3
FKIP631313 PSIKOLOGI PENDIDIKAN
3
PGSD631314 PENDIDIKAN SENI
3
PGSD631315 FILSAFAT KEPENDIDIKAN
3
PGSD631316 RETORIKA
2
PGSD631317 INOVASI PEMBELAJARAN SD
2
PGSD631318 BIMBINGAN KONSELING DI SD
3
PGSD631319 KEPEMIMPINAN DAN KEPRAMUKAAN
3
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
PGSD641327 PENDIDIKAN JASMANI
3
PGSD641328 STATISTIKA PENDIDIKAN
3
PGSD641329 PENGEMBANGAN KURIKULUM SD
3
PGSD641330 PENELITIAN TINDAKAN KELAS
3
PGSD641331 PENDIDIKAN SENI RUPA DAN KETERAMPILAN
3
PGSD641332 EVALUASI PEMBELAJARAN DI SD
3
PGSD642333 PENDIDIKAN IPA FISIKA
3
FKIP641326 MIKRO TEACHING
2
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
PGSD651341 PEMBELAJARAN TERPADU
2
PGSD651342 MANAJEMEN KELAS
2
PGSD651343 MEDIA DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI SD
3
PGSD651344 USAHA KESEHATAN SEKOLAH
2
PGSD651345 MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
3
PGSD651346 PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SD
2
FKIP651339 MAGANG
4
FKIP651340 ETIKA GURU
2
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
PGSD661347 MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI
3
PGSD661348 PERLINDUNGAN ANAK
2
PGSD661349 KEWIRAUSAHAAN
2
PGSD661350 METODOLOGI PENELITIAN SD
3
MKUQ661351 PENULISAN KARYA ILMIAH
2
MKUQ661352 KULIAH KERJA NYATA
4
PGSD662354 PENDALAMAN MATERI MATEMATIKA
3
MKUQ661359 PENDIDIKAN ANTI KORUPSI
2
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS
MKWU671360 AGAMA
2
MKWU671361 PANCASILA
2
MKWU671362 KEWARGANEGARAAN
2
MKWU671363 BAHASA INDONESIA
2
MKUQ671364 PENDIDIKAN MORAL DAN ETIK
2
FKIP671365 SKRIPSI
6
MKUQ671366 BUDAYA NASIONAL
2
Kode Matakuliah Matakuliah
Jumlah SKS