
Universitas Quality Menyempurnakan Seluruh Pelayanan Dengan Sistem Online
Medan- Sesuai dengan Visi Universitas Quality (UQ) yaitu: “Menjadi Universitas yang bermutu, Inovatif dalam bidang IPTEK dan berdaya saing pada tahun 2031”, ditambah dengan kondisi wabah Corona (Covid-19) saat sekarang ini, maka UQ melakukan percepatan dalam seluruh pelayanan dengan sistem online. Di bawah Kebijakan yang diambil Pembina Yayasan Bukit Barisan Simalem (YBBS), Bapak Christian Tjin untuk segera menerapkan sistem berbasis online dalam semua aktifitas dalam kampus UQ, terutama bidang akademik dan semua yang mendukung kepada proses tersebut. Menyikapi hal tersebut, Rektor UQ Prof.Dr. Erna Frida, M.Si langsung berkoordinasi dengan seluruh jajarannya serta seluruh fungsionaris, terutama bidang akademik yang dibawahi Rita Herlina, M.Pd, termasuk juga di dalamnya bidang IT untuk segera mengambil langkah strategis tentang bagaimana langkah teknis yang dapat dilakukan sehingga maksud dan tujuan tersebut dapat segera direalisasikan. Melalui surat internal Nomor:0928/I/REK/UQ/III/2020 Rektor menyampaikan beberapa kebijakan antara lain: (1) Melakukan perkuliahan secara online dengan menggunakan Google Class Room (GCR) (2) Kepada Dekan dan Ketua Prodi (Ka.Prodi) untuk mengawasi jalannya perkuliahan, (3) Berkoordinasi dengan Biro Akademik/Admin Prodi dengan kebijakan GCR ini, (4) Melakukan follow up segera terhadap halangan dalam pelaksanaan GCR tersebut. Sambil kegiatan perkuliah melalui GCR berjalan, sistem terus disiapkan dalam hal pelayanan yang lainnya, seperti Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Tracer Study (Alumni), Pembayaran SPP, Pendaftaran Mata Kuliah yang akan diambil semester baru sekaligus pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pendaftaran ujian seminar proposal mahasiswa, ujian seminar hasil dan ujian sidang meja hijau, pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) dan bagian lainnya. Diharapkan percepatan yang dilakukan UQ dapat menjawab tantangan masa kini dan masa depan tentunya, memudahkan semua proses untuk menghemat energi, termasuk waktu dan biaya serta dapat memudahkan semua urusan. Dengan demikian akan dapat meningkatkan pelayanan serta mutu akan lebih terjaga.(srie2502)